TUGAS 2 MIKROPROSESOR

PENGERTIAN DAN PROSES SEGMENTASI PADA MIKROPROSESOR

  1. PENGERTIAN SEGMENTASI

Segmentasi adalah sebuah bagian dari managemen memori yang mengatur pengalamatan dari memori yang terdiri dari segmen-segmen.

  1. PROSES SEGMENTASI

Keuntungan lain dari segmentasi adalah menyangkut masalah pembagian penggunaan kode atau data. Setiap proses mempunyai tabel segmennya sendiri, dimana ini akan digunakan oleh dispatcher untuk menentukan tabel segmen dari perangkat keras yang mana akan digunakan ketika proses yang bersangkutan di eksekusi oleh CPU. Segmen akan berbagi ketika anggota dari elemen tabel segmen yang berasal dari dua proses yang berbeda menunjuk ke lokasi fisik yang sama. Pembagian tersebut terjadi pada level segmen, maka, informasi apa pun dapat dibagi jika didefinisikan pada level segmen. Bahkan beberapa segmen pun dapat berbagi, sehingga sebuah program yang terdiri dari beberapa segmen pun dapat saling berbagi pakai.

Berikut segmen-segment yang digunakan :

Program Segment (CS:IP)
Code Segment (CS) menyimpan alamat segment dari program sebesar 64 kB. Instruction Pointer (IP) menyimpan alamat offset dari program yang akan menentukan instruksi mana dari 64 kB tersebut yang akan dieksekusi.

Data Segment (DS:BX)
Data Segment (DS) menyimpan alamat segment dari data sebesar 64 kB. Base Register (BX) menyimpan alamat offset dari data yang menentukan data mana dari 64 kB tersebut yang akan diakses.

Segment Stack (SS:SP)
Stack Segment (SS) menyimpan alamat segment stack sebesar 64 kB. Stack Pointer (SP) menyimpan (PUSH) alamat offset dari tumpukkan (stack) paling atas yang menentukan tumpukkan yang akan diambil (POP) dari stack 64 kB.

Extra Segment
Extra Segment (ES) menyimpan alamat segment 64 kB sebagai tambahan lokasi penyimpanan bila Data Segment tidak mencukupi.

Gambar dibawah ini memberikan ilustrasi tentang skema pengalamatan mode real pada memori, yang menggunakan alamat segment dan offset.

2016-01-25_204704

Gambar 8. Gambar Skema Real Mode Memory Addressing

Register segment pada gambar 4.2 berisi alamat segment 1000h, tetapi alamat segment berawal dari lokasi 10000h. Pada mode real pengalamatan memori, menyesuaikan dengan skema pengalamatan memori 20 bit, maka alamat segment tersebut ditambahkan dengan 0h pada digit paling kanan (LSB). Karena mode real dari segment pada memori adalah seluas 64 Kbyte, jika alamat awal diketahui, maka alamat akhirnya diperoleh dengan menambah FFFFh sebagai alamat offset. Sehingga, terlihat dari contoh skema diatas alamat awal segment 10000h dan alamat akhirnya 1FFFFh. Contoh lainnya diperlihatkan pada tabel dibawah ini.

2016-01-25_204746

Sesuai penjelasan diatas, Mikroprosesor 8088 memiliki format mode pengalamatan dimana antara segment dan offset ditulis dengan dipisahkan tanda titik dua ( : ) seperti berikut ini :

Segment : Offset

Dan masing-masing register segment memilik pasangan register offset-nya masing-masing, dijelaskan melalui tabel dibawah ini.

Tabel 8. Tabel kombinasi Segment dan Offset pada Mikroprosesor 8088

2016-01-25_204802

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *